Kita makhluk kecil, refleksi di Bukit Moko

image

Bukit Moko, sebuah tempat yang sekarang dirubah namanya menjadi Puncak Bintang. Terletak di ketinggian kurang lebih 1500 meter diatas permukaan laut.

Bukit Moko, sebenarnya sebuah hutan pinus, yang dari tempat tersebut bisa melihat keindahan view Kota Bandung.

Bagi sahabat yang menginginkan suasana sejuk, dan tinggi dikelilingi hutan pinus, tempat ini bisa jadi alternatif untuk melepas fikiran yang penat. Tempat ini memang tidak terkenal dibanding tempat wisata lain yang ada di Bandung.

Untuk mencapai Bukit Moko, bila dari Bandung ke arah Terminal Cicaheum, sebelum terminal Cicaheum silahkan belok kiri, masuk ke Jalan Padasuka.

Papan petunjuk yang ada, adalah jalan menuju Saung Udjo, salah satu tempat wisata yang menarik juga untuk dikunjungi sebagai wahana edukasi.

Setelah belok kiri memasuki Jalan Padasuka, silahkan lurus terus naik keatas. Setelah menemui Saung Udjo, yang berada di sebelah kanan, silahkan naik ke atas.

Perjalanan kurang lebih sekitar satu jam, dari Saung Udjo. Jalan yang dilalui relatif bagus, walaupun hanya cukup untuk dua kendaraan, untuk berpapasan.

Setelah agak lama, nanti perjalanan mulai menanjak, kehati-hatian mutlak diperhatikan, sampai sahabat ketemu Caringin Tilu ( Cartil ).

Cartil, sebenarnya hanya deretan warung-warung untuk makan yang terjejer di pinggir jalan. Di Cartilpun, view kota Bandung sudah mulai terlihat.

Setelah melewati Cartil, perjalanan lebih hati-hati lagi, karena jalan yang dilalui mulai rusak, dan cukup untuk satu mobil. Bila ada yang berpapasan, salah satu berhenti.

Setelah itu, sahabat akan sampai di jalan yang sangat menanjak, dan harus ekstra hati-hati. Sesaat kemudian petunjuk Puncak Bintang akan terlihat, dan silahkan parkir di tempat tersebut.

Untuk mencapai Bukit Moko, silahkan dilanjut dengan jalan kaki, atau bila sahabat pakai motor, masih bisa naik lagi ke atas, dan parkir di sekitar Warung Daweung.
image

Setelah berjalan kaki menanjaki bukit, maka terhamparlah kawasan hutan Pinus, silahkan bayar tiket masuk, dan nikmati kesejukan udara pegunungan dan keindahan view Kota Bandung.

image

Di saat seperti inilah, kita selalu sadar, bahwa kita adalah makhluk kecil yang tak berdaya.

image

Bila kita sadar tak berdaya, apalagi yang bisa kita banggakan ? apalagi yang bisa kita sombongkan.