Tips Mengatasi Rasa Malas

Tips Keluar dari Rasa Malas

Kecenderungan diri (baca nafsu) kalau mau dituruti kebanyakan bermalas – malas. Padahal yang malaspun pasti tahu, kalau malas bukan hanya ngga baik, tapi juga ga produktif, dan kegagalan lebih dekat.

Lalu, bagaimana supaya keluar dari rasa malas ?

Ini versi saya…

Pertama, Berdo’a supaya dijauhkan dari rasa malas.

Mengapa do’a ditaruh dalam awal, ya karena…. sebenarnya kita terhindar dari malas supaya punya nilai ibadah. Do’a itu ibadah. Ketika bisa keluar dar malas, hati kitapun sadar, ini semua semata-mata anugerah dari Tuhan, bukan yang lain.

Kedua, Pasang Target.

Jangan berfikir target itu hanya urusan duniawi belaka, tapi juga ukhrowi. Kalau dalam bisnis kita terbiasa menetapkan target penjualan lah… kepuasan konsumen lah…. mengapa terhadap hal-hal ukhrowi kita tak menetapkan target ?
Buat target, umpamanya tilawah minimal satu juz per hari, mungkin juga hafalan, atau baca buku keagamaan satu minggu satu buku, dan lain sebagainya.

Ketiga, Komitmen dalam pencapaian target.

Ini terdengar mudah, namun tak sedikit yang jebol dalam komitmen. Sudah pasang target, namun pelaksanaan memble.

Keempat, makan jangan kekenyangan.

Salah satu penyebab rasa malas, dalam kitab Ta’limul Muta’alim karya Syekh Al-Jarnuzi halaman 27 diterangkan bahwa rasa malas berasal dari banyaknya dahak dalam tubuh. Dahak berasal dari banyaknya makan dan minum, demikian menurut Gus Muhammad Basithurijal. Oleh karena itu, kurangilah makan, karena kebanyakan makan menjadi penyebab rasa malas.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: