Kapan sebaiknya tilawah ?

Bagi sahabat yang sudah bergabung dalam Program One Day OneJuz (ODOJ), sudah menjadi target bahwa dalam satu hari harus bisa menyelesaikan satu juz.

Kapan sebaiknya melakukan tilawah ?

Sebenarnya setiap orang memiliki kondisi waktu sendiri – sendiri tergantung berbagai faktor yang ada di sekelilingnya. Jadi yang paling tahu mensiasati waktu tilawah sebenarnya diri sendiri.

Namun, barangkali dari berbagai waktu berikut, bisa menjadi alternatif pilihan bagi sahabat semua.

Pertama, setelah selesai Qiyamul lail.
Bagi sahabat, yang terbiasa melakukan shalat malam, setelah shalat dan dzikir, sambil menunggu waktu shubuh, melakukan tilawah bisa menjadi salah satu alternatif waktu yang baik. Bila sahabat melakukan shalat malam dari jam 03.00 sampai 03.30, maka waktu setelahnya sampai waktu shubuh bisa dijadikan waktu tilawah.

Kedua, Setelah shalat Shubuh
Setelah shalat shubuh sampai sekitar jam 06.00 pagi, bisa dijadikan waktu tilawah. Tilawah di waktu ini, menurut saya pribadi terasa lebih ringan. Barangkali karena di waktu pagi kondisi tubuh masih segar dan fit.

Ketiga, Setelah shalat Dhuha.
Bila sahabat, mempunya keleluasan waktu, maka setelah shalat Dhuha bisa menjadi waktu untuk melakukan tilawah.

Keempat, Setiap Ba’da Shalat Wajib.
Bagi sahabat yang mempunyai jadwal yang padat, bisa melakukan tilawah dengan rumus seperti yang direkomendasikan dari ODOJ, yakni 2 x 5, artinya 2 lembar di setiap ba’da shalat fardlu. Namun seiring peraturan sekarang dari ODOJ, mengingat waktu didasarkan kepada perhitungan Qomariyah maka, diharapkan sebelum maghrib sudah selesai target juz di hari itu. Sehingga, bisa jadi rumusnya dirubah bukan 2 x 5, namun 3 x 3 + 1, yakni ba’da shubuh, dhuhur, ashar, masing – masing 2 lembar + 1 lembar di akhir.

Kelima, Memanfaatkan setiap waktu senggang
Waktu senggang bagi tiap – tiap orang itu berbeda, nah.. waktu senggang itu bisa sahabat maksimalkan untuk melakukan tilawah.  Selain menggunakan Mushaf Al Quran biasa, sahabat bisa memanfaatkan tekhnologi HP yang sekarang bisa diinstal berbagai aplikasi Al Quran, seperti Qur’an Lite

Sooooo….

Kalau sahabat, barangkali sering menghabiskan waktu untuk melakukan browsing internet, bersenda gurau facebook dan twitter, ataupun menghabiskan banyak waktunya di depan TV, sekarang alihkan waktunya untuk melakukan Tilawah Al Qur’an.

Semoga bermanfaat.