Keutamaan Tadarus Al Qur’an di bulan Ramadhan

Keutamaan Tadarus Al Qur’an di bulan Ramadhan

Tadarus Al Qur’an memiliki banyak keutamaan, apalagi dilakukan di bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

Selain mendapat pahala yang berlipat ganda, masih ada keutamaan lain yang didapat jika melakukan tadarus Alquran di bulan Ramadhan.

Menenangkan hati

Sesuai dengan firman Allah SWT yang dinyatakan jelas dalam surat Ar r’ad pada ayat 28:

“Orang orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah lah, hatimu menjadi tenteram.”

Memberi Syafaat di hari kiamat

Membaca Alquran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan pada hari kiamat. Seperti hadits yang menyatakan bahwa: “Bacalah bait Al-Quran karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,” (HR. Muslim)

Dikumpulkan di syurga bersama malaikat

Sabda Nabi SAW berikut:

“Orang yang mahir membaca Al Quran kelak (mendapat tempat di surga) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Sementara orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al Quran, maka ia mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Leave a Reply