Keutamaan Shalawat Nabi

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, salah satu amalan yang berpahala besar yakni membaca Shalawat.

Dalam sebuah haditspun disebutkan, bahwa siapa yang membaca satu kali shalawat, maka Allah akan membalas dengan sepuluh kali.

Lengkap haditsnya seperti berikut :

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda: “Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

Shalawat Nabi juga menjadi wasilah atas do’a – do’a kita.

Salah satu yang istiqomah mendawamkan sholawat adalah Nyai Hj Nadziroh Manshur Denanyar, Jombang.

Bahkan pesan beliau, sebagaimana disampaikan oleh salah seorang alumnus Pesantren Manba’ul Ma’arif Denanyar, Fariz Alniezar berkata, ” Hajatnya mudah terkabul. Jika ingin hajat kita dikabulkan Allah, maka bacalah Sholawat Nabi 1.000 kali saban hari.”

Jadi, istiqomahlah dalam membaca Shalawat Nabi karena tidak hanya menjadi wasilah keterkabulan do’a, namun berpahala berlipat-lipat, serta wasilah mendapat syafaat Nabi, besok di akhirat.

Leave a Reply