Jangan Takut Jatuh

Fakta mengatakan bahwa, saat kita kecil yang membuat kita bisa berjalan adalah karena adanya bimbingan, kemauan dan keberanian untuk berjalan.

Bisa dibayangkan bila, saat kecil rasa takut telah mendatangi kita dahulu sebelum mencoba, akan tidak bisa berjalan, atau menjadi lama kita bisa berjalan.

Bagaimana kita merasakan takut ketika dulu akan mengikuti ujian kenaikan kelas, namun…. rasa takut itupun tetap harus dilalui, karena bagaimana mungkin kita bisa naik kelas tanpa mengikuti ujian.

Keberanian melawan rasa takut itulah, yang membuat kita terus berjalan ke depan, dan ke depan.

Buya Hamka, pernah berkata, "Jangan takut jatuh, kerana yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Yang takut gagal, kerana yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, kerana dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua."

Orang yang bisa berjalan, bukan berarti tak pernah jatuh saat berjalan. Orang yang sukses, bukan orang yang pengalaman hidupnya tak pernah gagal. Bahkan orang ‘alimpun, orang ahli ibadahpun bukan orang yang tak pernah berbuat dosa.

Jadi, mengapa harus takut untuk melangkah ?

Apakah ga ada gunanya rasa takut diciptakan ?

Rasa takut diciptakan, salah satu hikmah yang bisa kita ambil adalah untuk menciptakan kehati-hatian di setiap melangkah kita.

Rasa takut itupun, yang bisa menyelamatkan ketika kita akan berbuat dosa.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *