Bagaimana cara cek username di berbagai sosial media sekaligus ?

Saat ini, kombinasi kata yang membentuk username akun kita di sosial media sudah tidak mudah kita dapat, sesuai keinginan kita. Misalnya nama saya Budi, kemudian saya akan membuat akun di facebook, instagram, twitter dengan username budi.

Apakah bisa ?

Hampir dipastikan untuk saat ini sudah tidak bisa, kita harus memberi tambahan karakter lainnya, karena saking banyaknya sudah username yang muncul.

Ingat, username bukan nama akun. Kalau username tidak ada yang sama, tapi kalau nama akun sekarang banyak yang sama.

Misal seperti contoh diatas, nama akun Budi, akan banyak kita temui di facebook, twitter, instagram dan lainnya. Tapi kalau username @budi ya… hanya satu, beda lagi kalau @budi1, @budi88, dan sejenisnya.

Nah…..

Username idealnya sama untuk akun di berbagai sosial media. Contoh username @kreatifkita, maka idealnya di facebook, instagram, twitter, bahkan di youtube, usernamenya @kreatifkita.

Masalahnya sekarang….. bagaimana kita mengetahui, kalau username tertentu belum dipakai, atau masih available di berbagai sosial media ?

Untuk menjawab hal tersebut, tool berikut bisa kita pakai.
1. https://knowem.com/
2. https://checkuser.org/
3. https://www.namecheckr.com/
4. https://checkusernames.com/

Cara kerja website tersebut, pada prinsipnya sama. Kita hanya memasukkan username yang akan kita pakai, maka website tersebut akan mencari di berbagai platform sosial media, apakah usename tersebut masih tersedia atau tidak.

Apabila tidak, kita tinggal mengutak atik username kita, sehingga harapannya di semua sosial media username tersebut masih available.

Selamat mencoba.

Leave a Reply