Backup WordPress ke Googke Drive

Langkah-langkah membuat backup WordPress menggunakan plugin UpdraftPlus :

1. Login ke Dashboard WordPress Anda.

2. Setelah berhasil masuk ke Dashboard WordPress Admin, silahkan bisa klik menu Plugin > Tambah Baru / Add New > cari plugin “UpdraftPlus” di kolom pencarian dengan tanpa tanda petik, kemudian Install Now / Pasang Sekarang.

3. Apabila sudah menginstall plugin UpdraftPlus, silahkan bisa klik tombol “Aktifkan” terlebih dahulu.

4. Setelah berhasil menginstall dan mengaktifkan plugin UpdraftPlus, kemudian klik pada Menu Pengaturan > UpdraftPlus Backups.

5. Ketika sudah masuk ke dashboard plugin UpdraftPlus. Silakan klik menu “Settings” untuk memulai konfigurasi waktu backup dan lokasi penyimpanan menggunakan Google Drive.

6. Setelah memilih waktu backup otomatis, maka silakan dilakukan save terlebih dahulu hingga ke bagian bawah dan akan menemukan menu “Save Changes”.

7. Selanjutnya konfigurasi penyimpanan menggunakan Google Drive. Silahkan klik logo “Google Drive“. Kemudian scroll kebawah dan klik link dari “Authenticate with Google Drive“.

8. Pilih alamat akun Gmail (Google Drive) yang ingin digunakan untuk penyimpanan file website WordPress Anda.

9. Kemudian klik “Izinkan” agar plugin UpdraftPlus dapat terhubung dengan akun Google Drive Anda.

10. Jika berhasil, maka akan ada tombol “Complete setup“. Silahkan klik “Complete setup” untuk kembali ke website.

11. Silakan klik menu “Settings” di UpdraftPlus, dan klik “Save Changes“.

12. Selain membuat backup secara otomatis ke Google Drive, Anda bisa membuat backup secara manual dengan menggunakan fitur “Cadangkan Sekarang” pada menu Cadangkan / Kembalikan di UpdraftPlus.

Leave a Reply