Apa yang dilakukan saat Isolasi Mandiri ?

Menjelang Shalat Subuh, saya biasanya membersihkan gigi dan mulut dan hidung dengan :
1. Pasta Gigi ( untuk sikat gigi )
2. Listerine ( Pembersih mulut )
3. BNS (Breathy Nasal Spray) / Pembersih hidung

Setelah Shalat Subuh, sampai kurang lebih Pukul 6 Pagi, saya biasanya Tilawah Al Qur’an. Ritual ini, bagi saya pribadi lebih memberikan ketenangan jiwa.

Kemudian saya lanjut, minum dan makan buah :
1. Minum Habbatussauda, Madu Ruqyah Gamat.
2. Makan buah, seperti buah naga, mangga, jeruk atau yang lain.

Sekitar Pukul 7.30 sd. 09.00 saya lanjut dengan berjemur.

Saya sengaja buka baju atas supaya lebih terasa, sambil berjemur saya berolahraga kecil seperti gerakan badan, jalan kaki di tempat. Kalau lagi semangat saya sempat jalani push up dan sit up.

Sambil berjemur, biasanya saya dengarkan alunan musik instrumentalia, seperti The Moment sama Forever in Love Kenny G, atau Piano dari David Foster, juga lagi seneng alunan piano Yiruma dengan Rivers Flow in You dan Kiss The Rain.

Kemudian sekitar jam 9-10 pagi saya sarapan. Menu yang tidak tertinggal, harus ada ikan dan sayur. Beres saya sarapan, saya minum obat dan vitamin, diantaranya :
1. Pritavit (Vitamin C dan B Compleks)
2. Vitamin D 3
3. Hufagripp (Obat Flu dan Batuk)
4. Rhinos
5. Avirespira
6. Tibidon
7. Qusthul Alhindi

Obat dan vitamin tersebut, saya minum menyesuaikam keadaan badan, artinya kalau saya batuk dan flu, saya minum hufagrip.

Selepas Dzuhur sampai maghrib mengerjakan pekerjaan ringan, yang tidak banyak mengeluarkan tenaga dan fikiran.

Malam harinya, biasanya jam 9-10an saya sudah tertidur. Pernah beberapa hari mengalami kesulitan tidur, karena badan yang terasa pegal dan linu.

Selain itu, susah tidur bila tidak bisa mengontrol emosi kita. Karena apa ? Selain jenuh dan bosan, lintasan fikiran kita juga mempengaruhi emosi. Contohnya banyaknya berita kanan kiri yang meninggal umpamanya, menjadi salah satu contoh yang mempengaruhi fikiran kita.

Fikiran harus tetap tenang, makan dibuat seenak dan sebanyak mungkin. Karena dengan seperti itulah imun kita semakin membaik.

Tetap semangat, dan yakin pasti akan sembuh.

Aamiin….

Bandung, 4 Juli 2021
Hari Ke 10 Isolasi Mandiri

Leave a Reply

%d bloggers like this: