Taubatlah…sebuah catatan di akhir tahun

Tak terasa pergantian tahun akan terjadi, pergeseran waktu akan terus berjalan. Lalu apa yang harus kita lakukan ? Apakah berhura – hura dengan konvoi di jalanan dengan menghambur – hamburkan kemewahan sebagai simbol kemenangan ? atau apa ?

Pergantian tahun, hakekatnya adalah sama dengan pergantian bulan hari, siang dan malam, juga detik demi detik. Pergantian waktu substansinya adalah dari nafas yang satu ke nafas berikutnya, dan pertanyaan mendasar adalah bagaimana kita telah mengelola nafas yang telah diberikan oleh Allah swt

Apakah waktu – waktu yang telah kita lalui, lebih banyak digunakan untuk bertaqarub, bersyukur, atau bahkan sebaliknya hari – hari yang kita lalui lebih banyak untuk bermaksiat ria dengan segala pranata dunia seisinya. Seandainya saja, waktu yang telah kita lalui lebih banyak melupakan Allah, selalu tidak bersyukur atas anugerah-Nya, bahkan mempergunakan nikmat – nikmat Allah sebagai sarana untuk menentangNya, masih ada waktu untuk bertaubat.

Suatu saat Junaid Al-Baghdadi melihat pamannya Ahmad al Khafi. berwajah merah padam, pucat kembali, merah lagi pucat lagi. ”Kenapa terlihat stress seperti ini, paman ?”tanya Junaid. ”Begini Junaid, baru saja ada anak muda masuk disini dia bertanya kepada saya tentang tuabat. Wahai Syech, taubat itu apa? Taubat itu kita harus bisa, kita harus tetap mengingat dosa-dosa. Karena sangat mudah itu. Dia menolaknya menurut saya bukan begitu, taubat itu justru melupakan dosa-dosa.” Lalu Ahmad Al-Khafi terdiam lalu pemuda itu pergi menghilang begitu saja. Kemudian Junaid datang. Itu menjadi pikiran terus. Jangan-jangan benar apa yang dikatakan anak muda tadi. Akhirnya Junaid menurut saya , ”yang benar adalah kata-kata anak muda tadi.”

Oleh karena itu, seberapa besar dosa – dosa kita, bila kita benar – benar bertaubat maka akan diampuni, setelah itu lupakanlah masa lalumu, dan berjalanlah ke depan sambutlah anugerah Allah, kasih sayang Allah yang telah mengampunimu.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *