One Day One Juz

Suatu sore, istri saya terlihat tidak seperti biasanya. Ia melakukan tilawah lebih banyak dari biasanya. Setahu saya istri saya tilawah bisa dihitung dalam hitungan lembaran mushaf saja, namun sekarang terlihat lebih lama.

Setelah ditanya, ia menjawab ia ikutan ODOJ, apalagi ini ? tanya saya dalam hati. Eh…. ternyata ODOJ itu One Day One Juz, sebuah program yang digagas secara kreatif untuk melakukan tilawah dalam satu grup, ada yang menggunakan whatssapp, ada juga yang menggunakan BBM.
Dalam satu grup terdiri dari 30 member, dengan target satu member bisa melakukan tilawah dalam satu hari satu juz, maka dalam satu hari dalam grup tersebut, 30 juz bisa dikhatamkan. Begitu berlanjut setiap hari, sehingga, dalam kurun waktu satu bulan secara personal juga khatam 30 juz.
Kalau hanya melakukan tilawah, ngapain harus ikutan dalam grup, tilawah sendiri juga bisa kan ?

Sayapun asalnya berpikir seperti itu, namun ternyata…. tilawah dalam satu grup, ibarat kita tilawah berjamaah, dan yang namanya jamaah, tentu kekurangan kita bisa ditutupi dari kelebihan yang lain. Selain itu sesama member bisa saling mensuppport satu sama lain.

Rasanya, sungguh berat bila harus menyelesaikan satu hari satu juz.

Yah…. dibilang berat, ya berat bagi yang belum terbiasa, namun fakta membuktikan bahwa justru dengan berjamaah, menyelesaikan satu juz dalam satu hari ternyata LEBIH RINGAN dibanding sendirian.

Jadi,

Seandainya sahabat bisa merampungkan bacaan novel yang tebalnya beratus – ratus lembar saja bisa dilakukan, bagaimana mungkin membiasakan membaca pedoman hidup kita tidak bisa ?

Seandainya sahabat seorang penulis, yang bisa menghabiskan berjam – jam untuk menulis, bagaimana mungkin membaca wahyu Illahi yang membutuhkan 50 menit tidak bisa ?

So…. gabung bareng di One Day One Juz, dan selamat menikmat jamuan terindah dari Alloh SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *