Persiapan ke luar kota

 

Hari ini kegiatan saya, bertemu dengan beberapa orang untuk membahas sebuah pekerjaan di sebuah tempat di luar kota. Seperti biasa, sebelum berangkat saya sudah mempersiapkan beberapa hal.

Saya harus pastikan dulu, materi yang akan dibicarakan, waktunya jam berapa, tempatnya dimana.

Untuk materi tentu saya harus tahu minimal yang pokok, lebih mantap jika tahu mendetil dan terperinci. Waktu pertemuan yang telah ditentukan, menuntut saya untuk mengestimasi waktu perjalanan, saat istirahat, termasuk potensi kemacetan. Begitu juga tempat pertemuan saya harus tahu alamat lengkap, atau minimal patokan, bila perlu titik koordinatnya, sehingga memudahkan saya mencari.

Kemudian tidak kalah penting saya harus siapkan kondisi badan saya harus tetap sehat dan bugar. Untuk itu minimal saya tidur lebih sore serta bangun lebih pagi, sehingga kondisi badan terjaga dan lebih fresh.

Selain itu,saya harus siapkan berapa biaya bensinnya, tolnya, makannya, serta cadangan untuk pengeluaran tak terduga untuk di perjalanan maupun di lokasi tempat pertemuan.

Dan dari semua persiapan tadi, ada sesuatu yang paling utama, sebelum saya berangkat ke luar kota, yakni do’a. Do’a semoga perjalanan saya dan pertemuan saya diselamatkan, diberkahi dan Alloh ridhoi.

Nah…. kalau mau melakukan perjalanan keluar kota saja, tidak sedikit yang harus kita persiapkan. Lantas bagaimana persiapan menuju Ramadhan ??

Minimal ada empat hal yang harus disiapkan menuju ramadhan, yakni persiapan pengetahuan / ilmu, jasmani dijaga sehat, harta, serta keimanan yang tercermin dalam doa. Diantaranya “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di bulan Ramadhan”.

Komentar

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *